SIGERMEDIA.COM – Gunung Semeru Kembali Muntahkan Erupsi ke Sisi Tenggara Gunung. Erupsi Gunung Semeru yang berada di wilayah Luajang, Jawa Timur kembali mengeluarkan erupsi tepatnya hari ini Minggu 4/12/22.

Erupsi yang terpantau berupa guguran awan panas hingga sejauh 7 km ke arah tenggara gunung menuju aliran Sungai Curah Kobokan.

Guguran awan erupsi juga terlihat jelas dari rekaman video milik BPBD daerah Lumajak yang terjadi dari sejak pukul 02.46 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Dari hasil Pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) di pos pengendalian Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipro, Lumajang, Gunung Semeru memuntahkan awan panas secara periodik dari 4,5 km hingga 7 km ke arah tenggara gunung, dengan amplitudo maksimum 35 mm.

Selain awan panas guguran, getaran letusan juga terekam sebanyak 8 kali, dengan amplitudo maksimal sebesar 18 – 25 mm.

Terjadi peningkatan aktivitas gunung semeru berupa erupsi yang diikuti guguran awan panas, hal ini dilaporkan muncul dimulai pukul 02.14 dini hari,” ujar Patria Hastatdi/ Kalaksa BPBD Lumajang.

Meski belum ada laporan dampak, namun sejumlah personil gabungan dari BPBD, TNI dan relawan langsung disiagakan, sebab hingga kini status gunung api tertinggi di pulau Jawa itu masih di level 3 atau siaga.