SIGERMEDIA.COM – Antisipasi Mudik Nataru, Menhub Tinjau Kapal Tol Laut Kendhaga Nusantara 6 di dermaga Pelabuhan Makassar, Jumat (2/12/2022) saat sedang bersandar.

Kementerian Perhubungan dalam hal ini Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar-Lembaga melakukan peninjauan terhadap saran transportasi tol laut yang tengah bersandar di pelabuhan Makassar.

Seperti yang dilansir InfoPublik.id, Dalam siaran pers Pelindo Regional 4 menjelaskan peninjauan tersebut dalam rangkaian kunjungan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi ke Sulawesi Selatan, yakni ke Depo Balai Kereta Api Sulawesi Selatan, Stasiun Rammang-Rammang, dan berakhir di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Tenaga Ahli Menteri Perhubungan meninjau salah satu kapal Tol Laut, Kendhaga Nusantara 6, milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dengan agen operator kapal yaitu PT Citra Baru Adi Nusantara, dengan rute tol laut yakni Makassar, Barru, Polewalu, Mamuju, Belang-belang, dan Nunukan.

Buyung Lalana dan Andre Mulyana bersama rombongan kemudian naik ke atas kapal Tol Laut Kendhaga Nusantara 6 yang sandar di dermaga Pelabuhan Makassar untuk bertemu dengan nakhoda kapal untuk berdiskusi tentang informasi kapal tol laut tersebut.

Usai meninjau kapal tol laut, Staf Menteri Perhubungan dan Tenaga Ahli Menteri Perhubungan juga meninjau kesiapan sarana dan prasarana penunjang di Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar, yang dalam waktu dekat diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang mudik Natal dan Tahun Baru 2023 yang merupakan agenda rutin tahunan yang harus dipersiapkan.

Buyung Lalana meminta semua instansi khususnya yang berada di wilayah Pelabuhan Makassar, termasuk Pelindo agar mulai melakukan berbagai kesiapan dalam mengantisipasi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2023 yang diprediksi akan mengalami lonjakan tahun ini.

“Semoga mudik Natal dan Tahun Baru kali ini dapat terkendali dengan baik seperti tahun-tahun sebelumnya,” harap dia. (mcgorontaloprov/rls)