SIGERMEDIA.COM – Dalam acara Temu Akbar Pelaku Usaha, Pemprov Gorontalo secara simbolik menyerahkan bantuan kepada para pelaku usaha lokal, dengan total anggaran Rp 1,7 Miliar.

Pemprov Gorontalo melalui Pj Hamka Hendra Noer menuturkan bantuan ini tentunya dalam rangka menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah yang sebelumnya melambat karena pademi Covid-19.

Tak hanya itu, Hamka juga meminta kepada para pelaku UMKM untuk segera melakukan seritifikasi maupun mengurus perizinan terkait produk makanan.

“Kami tahu, kami pahami, kami merasakan bukan saja birokrasi yang berat (pasca pandemi), tetapi juga bapak ibu sekalian pelaku UMKM. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk melakukan kegiatan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat,” kata Hamka.

Selain penyaluran pelbagai bantuan kepada pelaku usaha, Pemprov Gorontalo menyiapkan 21 kali pasar murah yang digelar bergilir di enam kabupaten/kota.

Kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih, rica dan tomat dijual masing-masing Rp10.000 per setengah kilogram.

Ada juga Minyak goreng satu liter, gula pasir satu kilogram dan telur 10 butir juga dijual masing-masing Rp10.000. Berikutnya ada beras per kilogram Rp5.000 dan ikan tuna Rp20.000 per setengah kilogram.

“Kalau UMKM tidak bergerak, maka tingkat kemiskinan makin tinggi, bapak/ibu sekalian makin terpuruk, kami pemerintah akan kesulitan. Oleh sebab itu kami gelontorkan dana yang besar untuk UMKM,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Hamka juga mendorong pelaku UMKM di bidang makanan untuk mengurus izin edar dan sertifikasi halal. bersedia melakukan pendampingan untuk membantu pelaku usaha. (mcgorontaloprov/isam/toeb)