Banjir Rendam Ribuan Hektar Sawah, Petani di Pringsewu Terancam gagal Panen

Waspada Cuaca Ekstrim, 14 Wilayah Lampung Timur Rawan Banjir
Waspada Cuaca Ekstrim, 14 Wilayah Lampung Timur Rawan Banjir

, SIGERMEDIA.COM – Meluasnya di beberapa wilayah termasuk di Kabupaten Pringsewu membuat sejumlah petani terancam gagal panen akibat ribuan hektar sawah terendam banjir.

Curah hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di Pringsewu terendam banjir. Bahkan ribuan hektar tanaman palawija yang siap panen bakal terancam gagal panen akibat banjir.

Kecamatan Ambarawa, Pringsewu menjadi paling parah terdampak banjir, hal terebut disebabkan pintu air bendungan yang berlokasi di Way Gatel Pekon Panjerejo, Keamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu dipenuhi dengan material sampah dan kayu.

Seperti yang dikutip SIGERMEDIA.COM dari Madukara.com, “Disini hampir tiap tahun. Tahun kemarin pun parah, ditambah lagi tahun ini akan lebih parah lagi jika tidak secepatnya ditangani permasalahan di bendungan. Kalau dibiarkan, bisa menjadi lautan dan akan bertambah lagi nilai kerugian warga masyarakat,” ungkapnya.

Rohmat berharap kepada pemerintah daerah ataupun dinas terkait agar secepatnya turun tangan mengatasi permasalahan ini jangan dibiarkan berlarut larut.

“Seharusnya tahun kemarin buat pembelajaran soal penyebab banjir. Tapi kenapa ini kok terjadi lagi. Apakah harus kami warga masyarakat menuntut pemerintah daerah untuk ganti rugi,” tutupnya.

Sementara itu, warga masyarakat memanfaatkan banjir untuk mencari berkah dengan mencari ikan air tawar. Bermodalkan perahu kayu dan jala mengarungi lautan air sawah untuk mencari ikan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News